top of page
Search
  • comufuro

Cara menggunakan Autocad

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia. Para pengguna AutoCAD bisa membuat gambar berskala untuk membuat peralatan, merancang proyek infrastruktur, mendesain sirkuit listrik, serta membangun rumah dan struktur bangunan yang lain.


Fungsi Autocad

Autocad adalah software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk menggambar sebuah objek, baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. Autocad merupakan aplikasi berbasis CAD yang mana penggunaan aplikasi ini sudah cukup banyak karena menawarkan berbagai kelebihan dibandingkan produk lain dengan fungsi yang sama. Aplikasi yang satu ini diproduksi oleh perusahaan yang bernama Autodesk yang pertama kali diperkenalkan pada 1982 dengan Autocad 1.0.

Kemudian Autocad terus mengalami peningkatan hingga pada akhirnya terdapat perangkat lunak Autocad yang canggih dan memiliki banyak fitur seperti sekarang ini. Salah satu alasan mengapa banyak orang lebih menggunakan Autocad adalah karena terkenal penggunaannya yang mudah. Jadi, orang awam pun tidak akan kesulitan ketika pertama kali menggunakan aplikasi yang satu ini.

Beberapa fungsi lain dari Autocad yang perlu diketahui:

  • 1. Digunakan untuk mendesain rancangan pesawat terbang

  • 2. Autocad digunakan untuk mendesain rancangan jembatan

  • 3. Digunakan untuk menggambar atau mendesain rancangan rumah

  • 4. Digunakan sebagai salah satu aplikasi untuk merancang model mobil

  • 5. Bahkan Autocad juga bisa digunakan untuk membuat sebuah rancangan mur, paku, palu, mesin, dan berbagai keperluan lainnya.

Jalankan AutoCAD. Aplikasi ini bisa ditemukan di dalam menu Windows atau folder Applications pada Mac. Jika belum memasang AutoCAD, beli autocad unduh dan pasang aplikasinya dengan mengunjungi https://www.solusi.com/


Telusuri layar Start. Ketika menjalankan AutoCAD, terdapat 2 tab di bagian bawah: yaitu LEARN dan CREATE (ini adalah tab default). Jika mengeklik tab LEARN, layar akan menampilkan video tutorial untuk memulai proyek pembuatan gambar. Jika mengeklik tab CREATE, Anda akan menjumpai beberapa area ini:

  • Di bagian "Get Started" di sisi kiri, Anda bisa membuat proyek baru dengan memilih Start Drawing, membuka proyek yang sudah ada dengan memilih Open Files, atau mengeklik menu Template untuk membuat proyek dari templat.[1]

  • Apabila ada dokumen AutoCAD yang baru dikerjakan, dokumen tersebut akan ditampilkan di bagian Recent Documents di bagian tengah layar.

  • Jika tersedia pembaruan, Anda bisa melihatnya di area Notifications di pojok kanan atas layar.

  • Anda juga bisa masuk (sign in) ke dalam akun A360 dengan mengeklik Sign In di pojok kanan bawah.


Klik Start Drawing atau buka berkas yang sudah ada. Apabila Anda ingin membuat proyek baru dari suatu templat, pilih templat yang diinginkan.[2]

  • Jika opsi yang Anda inginkan tidak muncul, klik File, lalu pilih New untuk membuat proyek baru.

Biasakan diri dengan tata letak ruang kerjanya. Setelah membuka layar pembuatan gambar, biasakan diri Anda dengan lokasi tiap-tiap menu dan alat:

  • Area menggambar merupakan bagian dari ruang kerja yang memiliki latar belakang berkisi-kisi. Terdapat 2 tab di pojok kiri atas area ini: satu tab untuk gambar pada saat ini (dengan judul semacam "Drawing1" dan seterusnya), dan yang lain adalah tab untuk kembali ke layar Start. Apabila Anda membuka beberapa gambar sekaligus, tiap-tiap gambar akan mempunyai tab sendiri di atas area menggambar.

  • Sumbu Y ditampilkan dalam warna hijau pada sisi kiri area menggambar, sedangkan sumbu X berbentuk garis merah di sepanjang bagian bawah.

  • Viewcube adalah kotak yang di sekitarnya terdapat kompas penunjuk arah. Ini bisa digunakan untuk mengatur perspektif ketika Anda membuat gambar 3D.

  • Bilah alat pita (ribbon toolbar) yang berada di bagian atas area menggambar berisi berbagai macam alat yang ditempatkan dalam serangkaian tab (Home, Insert, Annotate, dan sebagainya).

    • Klik tab View di bagian atas jika ingin menampilkan dan menyembunyikan alat dan fitur pada ruang kerja.

  • Area "Type a command" terdapat di bagian bawah, yang digunakan untuk mengetikkan perintah dan menjalankan fungsi alat jika Anda sudah menguasai program ini.


4 views0 comments

Recent Posts

See All

Meningkatkan Keamanan Siber dengan IBM QRadar SIEM

Di era digital saat ini, di mana ancaman siber terus berkembang dengan cepat, organisasi menghadapi pertempuran konstan untuk melindungi data sensitif dan infrastrukturnya. Untuk memperkuat pertahanan

Apa Itu Cloud Server dan Manfaatnya untuk Bisnis

Mengenal Cloud Server Pada era digital saat ini, kebutuhan akan teknologi informasi yang handal dan efisien sangatlah penting bagi bisnis. Salah satu inovasi yang semakin populer adalah penggunaan clo

bottom of page