top of page
Search
  • comufuro

Mengenal Jaringan Komputer Secara Umum

Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang saling berhubungan untuk melakukan komunikasi data. Hubungan antara dua komputer atau lebih tersebut dapat terjadi melalui media kabel maupun nirkabel (tanpa kabel). Adapun data yang dikomunikasikan dapat berupa data teks, suara, gambar, atau video.

Sejarah jaringan komputer dimulai pada tahun 1940 di Amerika Serikat melalui proyek pengembangan komputer Model I di laboratorium Bell dan kelompok riset Harvard University yang dipimpin oleh Howard Aiken. Saat itu, proyek tersebut hanya bertujuan untuk memanfaatkan sebuah perangkat komputer sehingga dapat dipakai bersama. Pada tahun 1950, saat komputer mulai berkembang dan superkomputer lahir, muncullah kebutuhan akan sebuah komputer yang mampu melayani banyak terminal. Kemudian ditemukanlah konsep TSS (Time Sharing System) atau sistem antrian. Pada tahun 1969, terbentuklah jaringan komputer pertama yang disebut ARPANET.

Saat ini hampir setiap komputer yang kita temui merupakan bagian dari sebuah jaringan komputer yang kompleks. Misalkan saja ketika sebuah laptop atau komputer yang tadinya berdiri sendiri (stand alone) kemudian kita tambahkan sebuah USB Modem sehingga terhubung ke internet, maka komputer kita telah terhubung dan merupakan bagian dari sebuah jaringan yang sangat luas yaitu WAN (Wide Area Network).

Dalam artikel berikut ini kita akan mencoba mengenal pengertian dari jaringan komputer, manfaat dan resiko dari jaringan komputer dan pembagian jaringan komputer berdasarkan luas areanya yaitu PAN, LAN, MAN dan WAN.

Apa itu Jaringan Komputer?

Secara sederhana pengertian dari jaringan komputer adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lainnya.

Manfaat Jaringan Komputer:

Manfaat utama yang dapat kita rasakan dari terbentuknya jaringan komputer adalah kemampuan untuk saling berbagi sumber daya (resource sharing) yang kita miliki seperti pemakaian printer, hardisk, CD ROM dan peripherial lain secara bersama-sama, saling bertukar data (file sharing) dan berkomunikasi satu sama lain (email, chating sampai video conference).

Kerugian Jaringan Komputer:

Sebenarnya istilah tepatnya mungkin bukan kerugian tetapi konsekuensi dari terhubungnya sistem komputer kita ke jaringan komputer ini diantaranya adalah masalah keamanan (security) baik pada pengaksesan berbagai sumberdaya dari pihak-pihak yang tidak berwenang maupun masalah keamanan (ancaman virus) pada data yang dipertukarkan.

Terlepas dari berbagai resiko yang harus kita hadapi, rasanya untuk komputer saat ini terhubung atau merupakan bagian dari jaringan komputer merupakan hal yang tidak bisa dihindari.

Mengelompokkan jenis jaringan komputer, yaitu : a. jaringan komputer berdasarkan area atau luas wilayah b. jaringan komputer berdasarkan topologi (bentuk) jaringan c. jaringan komputer berdasarkan media transmisi.

1. Jaringan Komputer Berdasarkan Area atau Luas Wilayah

Berdasarkan area atau luas wilayah, jaringan komputer dibedakan menjadi tiga, yaitu: LAN (Local Area Network) MAN (Metropolitan Area Network) WAN (Wide Area Network)

2. Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi Jaringan (Bentuk)

Ada beberapa topologi (bentuk) yang diterapkan pada jaringan komputer, yaitu: a. topologi bus atau linier b. topologi ring (cincin) c. topologi star (bintang) d. topologi tree (pohon) e. topologi mash (web)

3. Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi (Media Penghatar)

Media transmisi adalah media penghantar data yang dapat berupa kabel atau gelombang elektromagnet. Secara fisik, ada tiga jenis media penghantar data, yaitu kabel, gelombang elektromagnetik (wireless) dan satelit.

2 views0 comments

Recent Posts

See All

Meningkatkan Keamanan Siber dengan IBM QRadar SIEM

Di era digital saat ini, di mana ancaman siber terus berkembang dengan cepat, organisasi menghadapi pertempuran konstan untuk melindungi data sensitif dan infrastrukturnya. Untuk memperkuat pertahanan

Apa Itu Cloud Server dan Manfaatnya untuk Bisnis

Mengenal Cloud Server Pada era digital saat ini, kebutuhan akan teknologi informasi yang handal dan efisien sangatlah penting bagi bisnis. Salah satu inovasi yang semakin populer adalah penggunaan clo

Cara menggunakan Autocad

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banya

bottom of page